Pemkab Buton Bekali Perangkat Desa Gunakan Aplikasi e-DMC19

Murtaba Muru

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton memberikan pelatihan dan sosialisasi tentang aplikasi Desa Melawan Covid-19 (e-DMC19). Hal ini sebagai tindak lanjut atas Surat Kemendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi e-DMC19.

“Aplikasi ini diluncurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Pelatihan ini bertujuan mengedukasi Para pendamping desa dalam menggunakan aplikasi berbasis adroid tersebut,” kata Kepala DPMD Buton, Murtaba Muru di kantornya, Selasa 11 Agustus 2020.

- Advertisement -

Murtaba mengatakan, aplikasi tersebut wajib digunakan dan dimanfaatkan seluruh Desa di Buton dalam rangka menangani Covid 19. Aplikasi ini diyakini dapat membantu desa melaksanakan kegiatan dan aktivitasnya dalam memberikan edukasi dan informasi tentang virus corona ke masyarakat.

Selain itu, memudahkan proses pelaporan dan pengumpulan data secara nyata terkait penyebaran virus. Sekaligus melaporkan kondisi desa terkait Covid-19.

Disamping itu juga, aplikasi ini bisa mengakses berbagai materi pencegahan Covid-19 dan membagikannya kepada masyarakat. Desa akan mengirimkan laporan mingguan dan bulanan melalui aplikasi ini.

Data-data tersebut selanjutnya dapat diakses oleh pemerintah desa, pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk pengambilan kebijakan terkait pecegahan dan penanganan Covid 19.

Meski memiliki beragam manfaat, Murtaba tak menampik pihaknya masih menemukan kendala dalam penggunaan aplikasi online ini. Salah satunya masih adanya desa yang belum memiliki jaringan internet, seperti di Desa Todanga, Kecamatan Kapontori.

“Solusinya para operator desa harus mencari daerah yang memiliki jaringan internet untuk dapat menginput data laporannya,” katanya.

Hingga saat ini, sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut sudah dilakukan hampir diseluruh desa di Kabupaten Buton.

“Yang belum itu tinggal Desa di tiga Kecamatan diantaranya Lasalimu Selatan, Pasarwajo dan Kapontori. Kita terget Agustus ini semua Desa sudah menggunakan aplikasi e-DMC ini,” katanya. (adm)

Baca Juga :  Penjahit Lokal di Buton Didorong Produksi Masker

Penulis : Afrizal

Facebook Comments