Industri Rumahan Didorong Pasarkan Produk di Swalayan

80
Suasana pelatihan kepada IRT pelaku industri rumahan di Baubau. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagperin) Kota Baubau melatih puluhan Ibu Rumah Tangga (IRT) pelaku industri rumahan untuk meningkatkan produksi olahan pangan. Produksi diupayakan akan dipasarkan di swalayan, seperti Hypermart, Alfamidi dan toko besar lainnya.

Kepala Disperdagperin Baubau, H.Ali Hasan mengatakan, pelatihan ini sebagai salah satu langkah meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. Sehingga outputnya dapat menghasilkan produk usaha yang profesional dan berkualitas.

“Kita akan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik dari segi kemasan, peralatan dan pemasarannya. Dengan begitu, hasil produksi akan dapat dipasarkan di Alfamidi dan Hypermart termasuk toko besar lainnya,” kata H.Ali Hasan, saat membuka pelatihan diversifikasi produk olahan pangan, di hotel Hing Amimah, Senin 6 September 2021.

Kata dia, produksi industri rumahan yang paling banyak utamanya dari olahan ikan dan ayam. Bahan baku ayam bisa diolah dengan hasil beranekaragam, seperti nugget, kentucky dan macam-macam olahan ayam lainnya. Begitu pula olahan ikan.

H. Ali Hasan mengatakan, pelatihan dilaksanakan sesuai aturan protokol kesehatan pada masa PPKM. Dimana peserta yang dihadirkan kurang dari 35 persen kapasitas ruangan.

Peserta juga sebelumnya telah melakukan uji swab antigen dan dinyatakan negatif. Pun, selama pelatihan wajib menggunakan masker agar terhindar dari paparan virus corona.

“Saya juga sampaikan agar semuanya harus bisa menjadi agen perubahan di lingkungan keluarganya masing-masing dalam hal penerapan protokol kesehatan selama beraktivitas. Hal itu agar keluarga dapat mengambil contoh terbaik agar terhindar dari virus corona,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Tahun lalu, 114 Kasus Kebakaran Terjadi di Baubau, Korban Meninggal Dua Orang