Empat Desa Wisata di Baubau Masuk 500 Besar ADWI 2022

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Baubau, Ahmad Yani.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Empat desa wisata di Kota Baubau berhasil masuk 500 besar desa wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Empat desa wisata di Baubau ini lolos seleksi dari total 3.419 desa wisata yang ada di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Baubau, Idrus Taufiq Saidi, melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Ahmad Yani mengatakan, Kota Baubau sebenarnya mengirimkan enam perwakilan desa wisata. Namun hanya empat yang berhasil lolos 500 besar.

Empat desa wisata yang berhasil lolos diantaranya Desa Wisata Limbo Bungi, Desa Wisata Limbo Wolio, Desa Wisata Limbo Samparona dan Desa Wisata Limbo Wantiro. Pengumuman 500 besar diumumkan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu malam 20 April 2022.

Ahmad Yani menerangkan, ajang ADWI 2022 memiliki tujuh kriteria penilaian juri. Mulai dari, daya tarik wisata, home stay, konten digital kreatif, souvernir, toilet, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainabillity), dan kelembagaan.

“Untuk empat limbo di Baubau yang lolos itu telah tersedia tujuh kriteria tersebut. Tergantung penilaian juri nanti seperti apa,” ucap Ahmad Yani, di kantornya, Kamis 21 April 2022.

Kata dia, ADWI merupakan ajang penting karena dapat mempromosikan desa wisata yang ada di daerah. Selain itu diharapkan ekonomi masyarakat dalam desa wisata dapat tumbuh dan bangkit.

“Saat ini kita sementara menunggu hasil penilaian untuk masuk 300 besar, kemudian tahapan 100 besar hingga 50 besar. Mudah-mudahan empat Limbo ini bisa bertahan sampai akhir,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  ASN Baubau Wajib Sensus Penduduk Online