Buteng Bertekad jadi Lumbung Lobster di Sultra

70
Ilustrasi
Ilustrasi

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mengklaim daerah itu merupakan surganya lobster. Hal itu dikuatkan dengan survei para ahli yang menyebut Buteng sebagai surga bagi lobster.

“Berdasarkan hasil survei dari ahli yang menyatakan bahwa Buteng merupakan surganya emas bawah laut untuk lobster,” kata Kepala DKP Buteng Muhammad Rijal, ditemui di kantornya belum lama ini.

Dengan kondisi itu, DKP Kabupaten Buton Tengah bertekad bakal menjadikan Kabupaten Buteng sebagai lumbung lobster di Sultra.

Langka itu diwujudkan dengan membangun komunikasi dengan berbagai pihak guna pengembangan Lobster di Buton Tengah. Diantaranya doktor asal Vietnam yang nantinya memberikan pengetahuan tentang budidaya lobster yang baik.

“Kita akan coba budidaya lobster di Teluk Liana Banggai dengan menggunakan anggaran APBD Perubahan tahun ini. Dengan menjadikan Buteng sebagai lumbung lobster, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan nelayan dan daerah,” ujarnya.

Dikatakan budidaya lobster di Buteng saat ini sudah berlangsung di Desa Wakambangura.

“Kita sudah turun ke lokasi dan lobster nya sangat luar biasa. Sudah siap panen, kurang lebih 500-an kilo, per kilo itu di kisaran Rp1 juta lebih,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Awasi Pemudik, Jalur Masuk ke Buteng Diperketat