Menjadi PMR Membuat Siswa Lebih Unggul

44
Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri diklatsar PMR Wira SMAN 1 Baubau. (FOTO ASMADDIN)
Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri diklatsar PMR Wira SMAN 1 Baubau. (FOTO ASMADDIN)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Siswa yang tergabung dalam keanggotaan Palang Merah Remaja (PMR) mampu mengaktivasi kemampuan diri sehingga lebih unggul. Hal itu disampaikan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat membuka diklatsar PMR Wira SMAN 1 Baubau, Kamis 1 September 2022.

Dikatakan cara mengaktivasi kemampuan diri dapat dilakukan dengan mengamalkan 7 prinsip dan tribakti PMR. Tujuh prinsip itu meliputi kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan.

“Tribakti PMR meliputi berbakti kepada masyarakat, mempertinggi keterampilan dan memelihara kebersihan dan kesehatan serta mempererat persahabatan nasional dan internasional,” ungkapnya.

Untuk menjadi manusia unggul di abad ini paling tidak harus mengaktivasi potensi-potensi kemampuan diri melalui 7 prinsip dan tribakti PMR kemudian ditambah dengan 4 K dan itu harus benar-benar melekat dalam hati seseorang. 4 K itu adalah kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

“Olehnya itu kami mengapresiasi langkah SMAN 1 Baubau memberikan penguatan melalui jalur ekstrakurikuler seperti ini,” ujarnya.

Monianse mengatakan kolaborasi PMI dengan sekolah akan terus dilakukan karena itu sesuatu yang baik. Hal itu juga sebagai langkah untuk mengintervensi siswa utamanya kelas X dan XI supaya menyiapkan mereka menjadi SDM unggul untuk kejayaan bangsa menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Semua intervensi yang kita lakukan sekarang akan memberikan dampak pada 100 tahun kemerdekaan RI nanti. Sebab sudah siswa yang duduk di bangku kelas X dan XI ini adalah pemain utama nantinya,” jelasnya.

Bila salah strategi dalam intervensi dunia pendidikan, lanjut Monianse, maka susah meraih kejayaan. Untuk itu diharapkan SMK dan beberapa SMA lain memberikan ruang untuk PMI berkolaborasi.

Ketua PMI Baubau Yulia Widiarti mengatakan hadirnya PMR Wira SMAN 1 Baubau menjadi pelengkap relawan di Baubau. Ia mengharapkan ekstrakurikuler kepalangmerahan di SMAN 1 Baubau menjadi role mode bagi sekolah lain.

Baca Juga :  DPRD Baubau Aminkan Rencana Pembelian Alat PCR

“Karena ini dasar dan kekuatan kami dalam mensosialisasikan kepalangmerahan di Baubau,” imbuhnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments