Sejumlah Bahu Jalan di Busel Longsor Akibat Cuaca Ekstrem

Bahu jalan yang menghubungkan antara kecamatan Batauga dan Kecamatan Sampolawa tepatnya di Kelurahan Katilombu Dusun Kuranga longsor sepanjang 200 meter. (Foto Anto)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Cuaca ekstrem kembali melanda Kabupaten Buton Selatan (Busel). Kondisi itu mengakibatkan gelombang pasang sehingga menimbulkan longsornya bahu jalan di tiga lokasi.

“Hasil pengamatan kami sementara, saat ini kurang lebih ada tiga titik, ruas bahu jalan yang longsor,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Busel, La Ode Risawal, di lokasi longsor, Sabtu 24 Desember 2022.

- Advertisement -

Kata dia, akibat hempasan ombak, beberapa ruas jalan kondisinya rusak berat dan rusak ringan. Salah satunya ruas jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Batauga dan Kecamatan Sampolawa tepatnya di Kelurahan Katilombu Dusun Kuranga.

“Disini (Dusun Kuranga) longsor yang terparah dibandingkan beberapa lokasi lainnya, panjang longsornya sekitar 200 meter,” katanya.

Selain itu, ada pula beberapa laporan dari posko yang tersebar di tujuh kecamatan bahwa di Kecamatan Siompu, khususnya di jalan Desa Lapara yang menghubungkan antara Desa Lapara dan Desa Karae terjadi longsor bahu jalan.

Termasuk di beberapa titik talud di pemukiman warga Desa Molona, Kecamatan Siompu Barat, yang mengakibatkan jalan terputus yaitu di dekat pekuburan, Pasar Lamaninggara sebelah timur dan jalan di Desa Lamaninggara atau pasir panjang. Termasuk sejumlah gazebo di hangtam gelombang pasang.

“Selanjutnya beberapa juga terdampak namun menurut pengamatan kami belum masuk kategori berat melainkan rusak ringan,” katanya.

Atas kondisi ini, pihaknya akan segera membuat SK tanggap darurat sebab kejadian di Kelurahan Katilombu Dusun Kuranga itu masuk kategori rusak berat.

“Sehingga itu sebagai payung hukum untuk kita menindak lanjuti terkait kejadian ini,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Lansia di Busel Dapat Bantuan Usaha