Hari Asri Desa 2023, Pj Sekda Busel Pimpin Penanaman 16 Ribu Pohon

Pj Sekda Busel, La Ode Karman saat memimpin penanaman pohon di pelataran simpang tujuh Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Senin 20 Maret 2023. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) turut serta memperingati Hari Desa Asri tahun 2023 dengan mengadakan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh desa di Indonesia. Salah satu titik lokasi penanaman pohon difokuskan di pelataran simpang tujuh Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Senin 20 Maret 2023.

Gerakan ini dipimpin langsung Pj Sekda Busel, La Ode Karman, dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan dan mengurangi risiko bencana di desa-desa.

- Advertisement -

“Terima kasih kepada masyarakat desa yang telah berpartisipasi aktif dalam gerakan penanaman pohon ini. Kegiatan ini sangat penting untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di desa,” kata La Ode Karman.

Kata dia, dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton Selatan merupakan salah satu penyumbang yang berkontribusi besar dalam rangka penanaman delapan juta pohon. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melaporkan jumlah bibit/pohon yang siap ditanam atau sudah ditanam berjumlah sekitar sembilan ribuan.

“Kabupaten Buton Selatan yang terdiri dari 60 desa telah berkotribusi melakukan penanaman atau siap tanam sejumlah 16.425 pohon berdasarkan data yang dikirim kepada pihak kementerian melalui PIC ditiap daerah, pada 17 Maret 2023,” katanya.

Melalui gerakan penanaman pohon serentak ini, diharapkan masyarakat desa semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan memperkuat ketahanan lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim yang semakin ekstrem. Selain itu dapat memelihara tanaman bagian dari upaya pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) serta menjadi sikap dan budaya Bangsa. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkab Busel Tindaklanjuti Temuan BPK Soal Usulan Penghapusan BMD