Gugus Suryaman Terpilih Jadi Ketua IKA Smaneswa

Alumni SMA Negeri 1 Watopute (Smaneswa) saat berpose bersama dalam reuni akbar pada 25-27 April 2023. (Foto Istimewa)

RAHA, Rubriksultra.com- Alumni SMA Negeri 1 Watopute (Smaneswa) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara menggelar reuni akbar pada 25-27 April 2023 bertempat di sekolah tersebut di Kelurahan Wali Kecamatan Watopute. 19 angkatan turut memeriahkan acara yang berlangsung meriah itu.

Reuni dimulai dengan kegiatan jalan santai bersama mulai dari alumni tahun 2004 hingga 2022. Para guru aktif maupun yang pernah mengajar di Smaneswa turut menghadiri acara. Mantan kepala sekolah pun tak ketinggalan diundang oleh panitia.

- Advertisement -

Peserta berjalan sejauh tiga kilometer, dimulai dari Balai Desa Bangkali berakhir di Lapangan SMAN 1 Watopute. Masing-masing angkatan mengenakan kostum berbeda, sepanjang barisan tampak warna warni. Begitu pun para guru. Warga sekitar yang menyaksikan barisan panjang itu menjadi terhibur. Tampak mengabadikan momen menggunakan kamera smartphone. Peserta pun berjalan dengan heboh.

Sekolah mendadak ramai, pasukan jalan santai yang berkumpul di halaman Smaneswa tumpah ruah. Berkumpul dan bercanda dengan kawan lama yang baru berjumpa. Foto dan video seketika bertebaran di berbagai platform sosial media. Acara pembukaan menjadi tak fokus lagi, saking hebohnya.

“Kami sangat berterima kasih acara ini bisa terlaksana di sekolah kita. Kami harap ke depan para alumni menjadi inspirasi para siswa yang saat ini bersekolah. Juga bisa memberi kontribusi pada sekolah dalam bentuk apapun,” ucap Kepala Smaneswa Wa Ode Nursalam saat memberi sambutan pembukaan.

Sementara LM Masrul, mantan Kasek kedua Smaneswa mengaku kagum dengan besarnya perubahan fisik yang terjadi di Smaneswa pasca kepindahannya. Di zamannya, banyak prestasi yang telah diraih siswa sekolah ini meski dengan kondisi terbatas. Gedung masih ada yang bangunan darurat berdiding papan, halaman sekolah berlubang, juga sarana pembelajaran yang belum cukup memadai. Ia cukup berperan membuat sekolah ini eksis.

Baca Juga :  Ridwan Bae Kaget Ada Warga Muna yang Ditangkap Densus 88

Reuni dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan lomba antar angkatan, seperti futsal, bola gotong, talkshow untuk para siswa, serta acara hiburan. Acara diramaikan youtuber Agogo Violin yang memiliki nama lengkap Ade Irawan Putranto, yang merupakan alumni tahun 2010 Smaneswa. Ada juga konten kreator Atta Halilintar KW alias Umar alumni 2012.

Pada momen ini pula dilaksanakan Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Alumni (Mubes IKA) perdana. Gugus Suryaman (alumni 2007) terpilih sebagai Ketua IKA pertama hasil Mubes, mendapat dukungan 14 suara angkatan. Sedangkan calon lainnya, Redi Agusnarto (alumni 2011) hanya memperoleh 2 suara angkatan. Sementara 3 angkatan tidak menyalurkan hak pilihnya.

“Kita punya visi bersama menjadikan IKA Smaneswa ini sebagai incubator kemajuan generasi SMAN 1 Watopute. Dengan misi berat membantu Smaneswa mencapai cita-citanya, mengkoneksikan civitas akademika Smaneswa terhubung dengan jaringan alumni yang berhasil di luar. Kita berharap ada transfer ilmu dari alumni,” ucap Gugus Suryaman.

Reuni akbar Smaneswa tahun 2023 lebih meriah dan cukup berisi. Selain lomba antar alumni, diselenggarakan talkshow motivasi pengembangan potensi bagi para siswa SMA. Contoh alumni sukses memberi pengaruh pada semangat belajar meraih cita-cita siswa Smaneswa. Cerita pengalaman dari alumni pertama yang disampaikan Eva Herik, juga mantan Kasek LM Masrul membangkitkan semangat para siswa Smaneswa. Ditambah pemaparan contoh oleh Gugus Suryaman dari para alumni yang sukses tidak hanya berprestasi secara akademik, namun industri kreatif seperti Agogo Violin serta alumni lainnya yang tidak memilih jalur abdi negara.

“Ini kegiatan reuni yang saya anggap paling berkualitas di Kabupaten Muna. Tidak hanya acara kumpul-kumpul hiburan, ada lomba bersama ada juga talkshow seperti ini yang sangat bermanfaat untuk siswa. Sehingga terjadi imbal balik manfaat antara alumni dan sekolah. Ini keren,” kata LM Masrul, yang pernah meraih prestasi Kepala Sekolah Terbaik se-Indonesia. (adm)

Facebook Comments