Kontingen Buteng Meriahkan Pawai Budaya HUT Sultra

Rombongan Pemkab Buteng saat mengikuti Pawai Budaya HUT Sultra, di Kota Kendari l, Senin 8 Mei 2023. (Foto Istimewa)

Kendari, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) turut ambil bagian mengikuti pawai Budaya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-59 tahun, di Kota Kendari, Senin 8 Mei 2023.

Dalam pawai tersebut, ratusan rombongan dari Pemkab Buteng yang mengikuti pawai budaya mengenakan pakean adat dan tarian yang diiringi musik tradisional. Pawai juga diikuti 17 kabupaten kota dengan menampilkan tradisi yang berasal dari daerah masing-masing.

- Advertisement -

Pada pawai kali ini, rombongan dari Buteng menampilkan icon lobster yang merupakan salah satu sektor unggulan. Dibawah pimpinan Pj Bupati Buteng, Muhammad yusuf akan menjadikan Buteng sebagai pusat produksi lobster di Indonesia Timur.

Asiten III Setda Buteng, Samsudin Pamone mengatakan, Buton Tengah tampil dengan icon lobster karena masyarakat pesisir banyak yang membudidayakan lobster-lobster tersebut.

“Sehingga ini menjadi icon Buteng pada HUT Sultra yang ke-59 tahun yang diselenggarakan di Kota Kendari ini,” ujarnya.

Dia membeberkan, para rombongan Pawai Budaya menampilkan pakean jubah tenunan khas Buton Tengah. Jubah tersebut dikenakan oleh para kepala OPD dan Pejabat Eselon II.

“Pakean adat yang dikenakan adalah jubah dan lonjo, jubah bagi laki-laki dan lonjo bagi perempuannya,” ungkapnya.

Dia berharap, pada HUT Sultra ke 59 Tahun, diharapkan dapat mengkomunikasikan semua potensi pembangunan yang ada disemua Kabupaten Kota sehingga menjadi andalan disetiap daerah

“Kebutuhan daerah dalam rangka pengembangan ekonomi. Karena ketika ekonomi cukup bagus disetiap kabupaten kota maka berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Gua Laulawi di Buteng Bakal Diikutkan Rekor MURI