Semarak HUT Buton Selatan, Bergerak Maju Lanjutkan Pembangunan

Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman
Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman

BATAUGA, Rubriksultra.com – Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman menjadi inspektur upacara dalam peringatan 9 tahun hari jadi Kabupaten Buton Selatan. Kegiatan kental dengan nuansa budaya ditandai dengan penggunaan seragam dengan sentuhan khas daerah yang digunakan para peserta upacara di Lapangan Lakarada, Minggu 23 Juli 2023.

Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman menjelaskan peringatan hari jadi secara filosofis bermakna sebuah peringatan untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang merupakan fondasi yang sangat bernilai, sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan.

- Advertisement -

“Hari jadi sebagai instropektif, artinya peringatan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri. Setiap langkah perjalanan hidup ini selalu bermakna, karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan,” ujarnya.

Melalui perayaan hari jadi Busel tahun ini, semua berupaya mendesain formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai dan peristiwa sejarah masa lalu.

“Sebagai masyarakat Buton Selatan, kita wajib bersyukur. Dengan menjadikan hari jadi kelahiran Kabupaten Buton Selatan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Generasi penerus dapat menjadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah. Lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Buton Selatan selama bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya.

“Terima kasih kepada para pendahulu dan para pendiri Kabupaten Buton Selatan. Atas jasa dan pengabdian terbaik untuk daerah selama ini. Rasa cinta dan memiliki terhadap Busel hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan wujud dalam setiap diri pribadi masyarakat. Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini, harus termanifeskan dalam kerja, kerja, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan bidang profesi masing-masing,” paparnya.

Baca Juga :  Jadi Korban Kecurangan CPNS, Wanita Ini dan Suaminya Nekat Cari Tahu Tentang Rifalnya, Ini Yang Dilakukan

Dikatakan Busel memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif serta kekayaan sumber daya alam, kelautan dan perikanan, pariwisata, pertanian secara luas. Letak geografis yang sangat strategis maupun modal sosial budaya tentu memiliki pengaruh yang sangat dominan bagi pembangunan daerah.

Dengan meningkatkan pengelolaan potensi yang dimiliki secara profesional serta memaksimalkan kontribusi dan peran serta semua stakeholder didukung oleh manajemen pemerintahan yang efektif, efisien dan optimis maka akselerasi laju pembangunan pada semua sektor dapat ditingkatkan.

Peningkatan kapasitas pengelolaan potensi lokal yang sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah sangat efisien mendorong pembangunan daerah sesuai dengan kondisi sosial maupun aspirasi dan potensi masyarakat yang terus berkembang.

“Semangat peringatan hari jadi ke-9 Kabupaten Buton Selatan, kita wujudkan dengan upaya untuk bergerak maju, melanjutkan pembangunan menuju kesejahteraan, membangun ekonomi yang kuat dan berkeadilan guna mewujudkan Buton Selatan yang kondusif dengan perekonomian yang maju,” paparnya. (adm)

Facebook Comments