Pj Bupati Buteng Salurkan Bantuan Pangan Kepada 7.416 KPM

LABUNGKARI, Rubriksultra.com – Pemkab Buton Tengah resmi menyalurkan bantuan pangan tahap pertama tahun 2024 kepada 7.416 Keluarga Penerima Manfaat di Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu. Penyaluran bantuan beras cadangan pangan itu dilaunching Pj. Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, Selasa 30 Januari 2024.

Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, mengatakan penyelenggaraan penyaluran cadangan pangan merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama Badan Pangan Nasional dan Bulog.

- Advertisement -

Tujuannya, demi menanggulangi kemiskinan ekstrem, kerawanan pangan dan gizi, penurunan stunting, menjaga stabilitas harga dan penanggulangan inflasi, dan melindungi produsen maupun konsumsi dari dampak fluktuasi harga, serta menghilangkan kelaparan dan segala bentuk malnutrisi pada tahun 2030 sehingga mencapai ketahanan dan kedaulatan pangan serta kemandirian pangan.

“Saya mengharapkan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik guna memenuhi kebutuhan rumah tangga keluarga penerima manfaat,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan Keuangan Daerah dan Desa Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri itu.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Buton Tengah, Burhanuddin menambahkan penyaluran bantuan pangan sebagai tindaklanjut dari arahan presiden pada rapat internal tentang perpanjangan penyaluran bantuan pangan.

“Penyalurannya dilakukan 2 kali yaitu tahap pertama mulai bulan Januari sampai Maret 2024 dan tahap ke dua pada bulan April sampai Juni 2024,” jelasnya.

Sasaran penerima bantuan pangan adalah masyarakat miskin yang mengalami kerawanan pangan dan gizi. Data penerima bantuan tahun 2024 bersumber dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Eksrim (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diinput setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Dari Data yang ada penerima bantuan pangan khusus Sulawesi Tenggara sebesar 219.428 KPM, dan Kabupaten Buten Tengah sejumlah 7.416 KPM masing masing penerima akan menerina 10 kg beras selama 3 bulan untuk tahap I dan akan dilanjutkan dengan tahap II, jumlah tersebut mengalami penambahan sebesar 265 KPM,” tutupnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Bupati Buteng Lantik 70 Pejabat