Lebih Dekat dengan Dr Fahmy Fotaleno

Ketgam: Dr Fahmy Fotaleno (kanan) bersama keluarga istri di Jakarta
Ketgam: Dr Fahmy Fotaleno (kanan) bersama keluarga istri di Jakarta

BAUBAU, Rubriksultra.com – Seorang wartawan senior yang berasal dari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara yang sering bertugas liputan mendalam dalam bentuk feature, in depth report dan investigasi. Saat ini juga terjun di dunia akademisi sebagai seorang dosen.

Doktor Fino mengawali studi tingkat Sarjana di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (UHO) lulus tahun 20909 kemudian melanjutkan studi Magister Ilmu Komunikasi lulus tahun 2019, kemudian melanjutkan studi Doktor Ilmu Komunikasi di Universitas Sahid lulus pada tahun 2024.

- Advertisement -

Doktor Fino memulai karir sebagai wartawan di Surat Kabar Buton Pos di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dari tahun 2009 sampai 2012. Setelah itu melanjutkan karirnya wartawan di Fajar.co.id di Jakarta pada tahun 2012-2013.

Pada tahun 2013 kembali menjadi wartawan di Majalah GATRA sampai tahun 2017 sebelum akhirnya pindah ke Okezone (MNC Group) sebagai Editor Liputan Khusus sampai dari tahun 2017 hingga 2019. Dan saat ini bekerja sebagai Pemimpin Redaksi Indozone,id dan juga Dosen Jurnalistik di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Selama menjadi wartawan di Buton Pos, Doktor Fino pernah mendapatkan penghargaan lomba karya tulis di antaranya Juara I Lomba Karya Tulis Coremap Buton, Juara Favorit Lomba dan Juara III Lomba Karya Tulis Otda Kemendagri Tingkat Nasional. Selain itu, ia juga beberapa kali memperoleh fellowship journalism baik level nasional maupun internasional.

Saat menjadi wartawan di Majalah GATRA, Doktor Fino bertugas untuk liputan indepth dan investigasi salah satunya mengenai jatuhnya pesawat AirAsia pada 24 Desember 2014 dan kasus korupsi yang melibatkan mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.

Baca Juga :  RSUD Baubau Ditunjuk Jadi Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid

Saat di Okezone.com, ia memimpin tim khusus yang bertugas membuat liputan mendalam khususnya mengenai Pilkada DKI Jakarta “Ahok vs Anies”.

Doktor Fino juga hobi dengan olahraga yakni Sepakbola dan juga bola basket. Selain itu juga punya ketertarikan di bidang musik.

Meski disibukkan dengan aktivitas pekerjaan sehari-hari, ia tetap menyempatkan diri untuk berolahraga untuk menjaga kebugaran dan juga bermain musik untuk sekedar mengisi waktu lalu dan menghilangkan stres. (adm)

Facebook Comments