Arhawi Sampaikan Pesan Presiden Saat HUT Bhayangkara ke-73 di Wakatobi

Bupati Wakatobi, H. Arhawi menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Polres Wakatobi, Rabu 10 Juli 2019. (FOTO KURNIAWATI)

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Bupati Wakatobi, H. Arhawi menyampaikan pesan Presiden RI, Joko Widodo. Pesan RI 01 ini Ia sampaikan saat dirinya didaulat menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Polres Wakatobi, Rabu 10 Juli 2019.

Presiden RI, Joko Widodo dalam pesan tertulis yang dibacakan Bupati Wakatobi, H. Arhawi mengungkapkan, kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

- Advertisement -

“Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah. Seperti Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-Word Bank Annual Meeting 2018,” kata H. Arhawi saat membacakan pesan Presiden RI, Joko Widodo.

Lanjutnya, selain itu Polri dan TNI juga telah berhasil mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018. Terkhusus Pemilu 2019 sehingga terselenggara dengan aman, damai dan demokratis

Dalam sambutan tertulis itu, Presiden Joko Widodo juga mengemukan berbagai keberhasilan Polri dan TNI dalam mengamankan agenda kemasyarakatan lainnya. Termasuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Polri dan TNI juga berhasil mengungkap berbagai kejahatan. Mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan manusia, kejahatan siber, kejahatan berimplikasi kontijensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis dan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi,” jelasnya.

Pun demikian, diantara banyaknya keberhasilan Polri dan TNI, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman Polri dalam menjalankan tugasnya.

Diantaranya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Serta mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045. Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga :  Warga Desa Waha Wakatobi Keluhkan Akses Jalan Tani

Lalu terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang moderen, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

“Terakhir perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri,” katanya.

Selain Bupati Wakatobi, H. Arhawi, upacara HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 di Polres Wakatobi juga turut dihadiri Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud, seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), pimpinan instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Wakatobi. (adm)

Peliput: Kurniawati

Facebook Comments