Sarlan, Bocah Penderita Gizi Buruk di Buteng Kini Tambun

Sahlan, digendong sang ayah berpose bersama dr Karyadi (kedua dari kanan). (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Masih ingat dengan Sahlan alias La Rungge?. Bocah berusia enam tahun asal Desa Waliko, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) ini sempat viral di media sosial akibat menderita gizi buruk.

Kini, kondisi Sarlan berubah 180 derajat. Sarlan yang dulu tampak tak berisi, kini menjadi bocah tambun (Gemuk).

- Advertisement -

Bobot tubuh Sarlan naik tujuh kilogram sejak dirawat 13 Februari 2020 lalu di RSUD Buteng. Saat ini, Sarlan sudah berkumpul bersama ayah dan ibunya di rumah.

Direktur RSUD Buteng, dr Karyadi mengatakan, Sarlan dirawat selama 24 hari di RSUD Buteng.

“Awal Sarlan masuk, bobot tubuhnya hanya sembilan kilogram lebih, tak sampai 10 kilogram. Alhamdulillah bobotnya kini sudah 17 kilogram, naik 7 kilo,” kata dr Karyadi di kantor Bupati Buteng, Senin 20 April 2020.

dr Karyadi menjelaskan, meski Sarlan telah dinyatakan membaik, namun pengawasan masih tetap rutin dilakukan. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) masih terus dilakukan petugas kesehatan.

“Sampai saat ini kita selalu memberikan asupan gizi tambahan berupa susu meski sudah tidak dirawat di RSUD Buteng. Orang tuanya kita suruh bawa kaleng susunya yang kosong untuk digantikan susu yang baru,” jelasnya.

Mengenai biaya pengobatan, dr Karyadi mengaku tidak memungut sepeserpun dari orang tua Sarlan. Sebab hal itu sudah ditegaskan Bupati Buteng, H. Samahuddin.

“Biaya pengobatan gratis. Itu sudah menjadi perintah bupati dari awal pengobatan sampai kondisinya membaik dan kini sudah dipulangkan,” tandasnya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  PJ Bupati Buteng Pastikan SK Plt PUTR Diperpanjang