Hari Ini, Pemkot Baubau Gelar Rapid Tes Massal

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Baubau, dr Lukman.

BAUBAU, Rubriksultra.com– Pemerintah Kota Baubau menggelar rapid tes massal serentak di seluruh Puskesmas yang tersebar di Kota Baubau, Kamis 21 Mei 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Baubau, dr Lukman mengatakan, upaya ini sebagai pencanangan kegiatan semesta penanganan Covid-19. Rapid tes massal menargetkan seluruh OTG, PDP dan ODP utamanya eks penumpang KM. Dorolonda.

- Advertisement -

“Ataupun instansi yang meminta untuk melakukan rapid tes,” kata dr Lukman dalam rilisnya, Rabu 20 Mei 2020.

Kata dr Lukman, kegiatan rapid tes massal ini bertujuan agar gugus tugas mendapatkan data yang lebih tajam. Dengan begitu, upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Baubau dapat dimaksimalkan.

Untuk mendukung giat ini, pemerintah Kota Baubau telah mendatangkan sedikitnya 700 unit rapid tes. Alat ini akan digunakan untuk menjaring warga yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

Dalam kesempatan ini, dr Lukman menyampaikan selamat hari bakti dokter Indonesia yang jatuh tepat 20 Mei 2020.

Dengan tema membangun ketahanan kesehatan bangsa, dokter dan tenaga kesehatan telah membuktikan diri sebagai pilar utama, garda terdepan, sekaligus benteng terakhir penanganan pandemi Covid-19.

Pandemi ini tidak mengenal batas wilayah. Ancaman dan dampaknya bukan hanya pada sisi kesehatan namun juga pada sisi ekonomi, sosial, politik, dan menimbulkan stigma.

“Tentunya hal ini membutuhkan pemahaman multisektoral, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja dan kesehatan, tetapi melibatkan sektor lain seperti BNPB, pemerintah dan masyarakat,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  PUPR Baubau Susun Studi Kelayakan Jembatan Kotamara