Kemenhub Launching Pembangunan Pelabuhan Siompu dan Kadatua

Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani saat menghadiri peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020 yang pusatkan di terminal penumpang tipe A Puuwatu Kota Kendari, Sabtu 19 September 2020. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Perhubungan Darat melaunching pembangunan infrastruktur darat Siompu-Kadatua. Launching bertepatan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020 yang pusatkan di terminal penumpang tipe A Puuwatu Kota Kendari, Sabtu 19 September 2020.

Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani sangat bersyukur atas perhatian Kemenhub dan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI dalam rangka pembangunan infrastruktur perhubungan di daerahnya.

- Advertisement -

“Alhamdulillah, karena kami sangat membutuhkan pembangunan fasilitas penghubung antar pulau dengan daratan Batauga. Tentu pelabuhan penyeberangan Siompu dan Kadatua adalah berkah bagi Busel,” katanya.

Arusani mengatakan, dengan adanya fasilitas penyebrangan ini maka akan membuka akses mobilitas masyarakat sehingga menggerakan berbagai sektor unggulan yang menjadi potensi kedua pulau tersebut.

“Kedepan kami berharap dapat dilanjutkan lagi pembangunan pelabuhan penyeberangan di Bandar Batauga, Kecamatan Batauga. Tujuannya untuk menghubungkan konektifitas antara Siompu, Kadatua, Batuatas dan Batauga. Bila perlu dibangun pelabuhan penyeberangan antar provinsi di daerah kami yakni Busel,” katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengungkapkan, momentum Harhubnas tahun ini, pihaknya melaunching sejumlah pembangunan infrastruktur di Provinsi Sultra.

“Infrastruktur yang akan dibangun pada tahun ini diantaranya terminal tipe A Puuwatu di Kota Kendari, pelabuhan penyebrangan Kaledupa, Tomia dan Binongko di Kabupaten Wakatobi serta pelabuhan penyebrangan Siompu dan Kadatua di Kabupaten Buton Selatan,” katanya.

Selain itu Kemenhub juga di minta Presiden Joko Widodo untuk membangun 10 Kawasan Strategis Parwisata Nasional (KSPN). Salah satunya Kabupaten Wakatobi.

“Pembangunan beberapa dermaga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengakses dan konektivitas beberapa daerah di Sultra. Selain itu, didalamnya terdapat program padat karya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat sesuai arahan Bapak Presiden,” tutupnya. (adm)

Baca Juga :  Hugua Ajak Warga Busel Tingkatkan Jiwa Kebangsaan

Penulis : Syahrir

Facebook Comments