AS Tamrin Serukan Dukung Benteng Keraton Buton di Ajang API Award

Wali Kota Baubau, Dr H. AS Tamrin

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mengajak masyarakat Kota Baubau untuk mendukung Benteng Keraton Buton di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 kategori destinasi Situs Sejarah.

Mengenai penamaan Benteng Keraton Buton di ajang itu, orang nomor satu di Baubau ini meminta masyarakat agar tak perlu dipertentangkan.

- Advertisement -

“Mestinya didukung semua pihak, bukan malah dipersoalkan. Niatnya itu yang menjadi intisari,” kata AS Tamrin.

Kata dia, penamaan Benteng Keraton Wolio ataupun Benteng Keraton Buton itu tidak ada yang salah. Menurutnya, terkadang kata Wolio dan Buton itu dalam suatu konteks bisa dipertukarkan dan dalam konteks lain tidak boleh dipertukarkan.

“Misal kalau kita bilang ‘Pogau Wolio’, tapi kalau kita ucapkan kata ‘Pogau Buton’, nah itu janggal. Kemudian kalau kita bilang Kesultanan Buton, itu benar. Tapi kalau Kesultanan Wolio janggal juga. Tapi keduanya itu tidak ada yang salah,” tuturnya.

AS Tamrin mengaku bingung dengan adanya oknum yang menyoal penamaan Benteng Keraton harus sesuai pemikirannya.

“Budaya kita semakin berkembang. Kalau hanya kita berdebat sesuai pendapat masing-masing, ini tidak akan selesai. Tidak apa-apa punya pendapat sendiri tapi jangan juga menyalahkan pendapat orang lain,” katanya.

Ia mengaku seudah sejak lama sudah banyak yang menulis soal Benteng Keraton Buton, Wolio ataupun Butuuni, tapi tidak dipertentangkan.

“Makanya orang tua kita sejak dulu menitipkan nilai-nilai untuk kita bersatu,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  AS Tamrin Dianugerahi Lencana Bintang Astha Hannas Madya