24 Personel Diterjunkan Awasi Hewan Qurban di Baubau

Muhammad Rais

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau menerjunkan 24 personel pengawasan hewan qurban pada pelaksanaan Idul Adha 1442 Hijiriah. Personel ini akan disebar di delapan kecamatan yang ada.

“Tim mulai besok bergerak melakukan pengawasan. Mereka bertugas sampai seminggu setelah Idul Adha,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais, di kantornya, Senin 12 Juli 2021.

- Advertisement -

Kata dia, tim yang diturunkan tersebut bertugas mengawasi kesehatan hewan dan kelayakan daging qurban sebelum dikonsumsi masyarakat.

Selain mengawasi hewan qurban, tim juga akan bekerja ekstra sembari mengkampanyekan protokol kesehatan. Hal itu untuk mendukung Surat Edaran Wali Kota Baubau nomor 10 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM Mikro.

“Tim akan menyampaikan kepada penjual sapi, pembeli serta masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan, sebab penanggulangan Covid-19 saat ini menjadi tanggungjawab kita bersama,” katanya.

Muhammad Rais mengharapkan masyarakat yang akan berqurban nanti agar melaksanakan penyembelihan di area terbuka. Tujuannya mengurangi konsentrasi massa agar tidak berkerumun.

“Begitu pula dengan penjual daging agar selalu menerapkan protokol kesehatan,” pinta Muhammad Rais.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Baubau, drh Jusriati menambahkan, tim bakal melakukan pemeriksaan ante mortem dan post mortem.

Ante mortem adalah pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum hewan disembelih, sementara post mortem adalah pemeriksaan kesehatan daging.

Kata dia, masing-masing kecamatan akan diawasi tiga personel. Untuk pelaksanaan teknisnya di lapangan nanti akan disampaikan dalam rapat Jum’at 16 Juli mendatang.

“Mereka akan memeriksa dari luar sebelum hewan disembelih sampai memeriksa semua organ dalamnya seperti jantung, paru-paru ginjal. Nah, kalau nanti mereka menemukan yang tidak layak konsumsi seperti cacingan, abses atau benjolan yang penuh dengan nanah, kanker, tuberkulosis, langsung disita. Tapi selama ini belum ada yang ditemukan penyakit yang menular ke manusia di Baubau,” pungkasnya. (adm)

Baca Juga :  200 Paket Sembako Bantuan Gubernur Sultra Tiba di Baubau

Laporan : Ady

Facebook Comments