Kampung Iklim Baubau Raih Penghargaan Kementerian LHK

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Baubau, Ibnu Wahid (Ketiga dari kanan), saat menyerahkan piagam kategori utama PROKLIM Kementerian LHK kepada Lurah Gonda Baru. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau berhasil meraih penghargaan kategori utama Program Kampung Iklim (PROKLIM) yang merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Kampung iklim tersebut terletak di Kelurahan Gonda Baru, Kecamatan Sorawolio.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Baubau, Ibnu Wahid mengatakan, sertifikat penghargaan telah diberikan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK.

- Advertisement -

Kata dia, Kelurahan Gonda Baru merupakan satu-satunya perwakilan Provinsi Sultra yang berhasil sabet penghargaan tersebut. Gonda Baru menjadi pertimbangan karena dari sisi tata ruang letaknya merupakan penyangga air dan sebagai paru-paru secara ekosistem dari Kota Baubau itu sendiri.

Selain itu, sejak dulu, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat atau parabela selalu menekankan tidak boleh ada penebangan pohon. Masyarakat diimbau setiap kali berkebun juga diikuti dengan penanaman pohon dalam rangka pelestarian.

“Jadi memang program kampung iklim ini muaranya bagaimana mengurangi emisi gas rumah kaca. Masyarakat juga berperan aktif mendukung program tersebut,” kata Ibnu Wahid, di kantornya, Selasa 21 Desember 2021.

Mantan Plt Kepala Dinas DLH Baubau ini mengungkapkan, selain lingkungan yang asri, ada banyak feedback yang diperoleh masyarakat nanti ke depannya dari program nasional ini. Salah satunya bantuan dana program program kegiatan dari kementerian LHK akan dikucurkan ke Kota Baubau.

“Tentu kami berharap dengan kerja keras bersama semua pihak, program kampung iklim ini tidak berhenti sampai disitu. Tahun depan kita target trofi kategori lestari yang akan diserahkan langsung Menteri LHK di Jakarta,” pungkasnya. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Baubau Optimis Jadi Tempat Pembukaan Porprov 2022