Kemenpan-RB dan Srena Polri Validasi Pembentukan Polres Buteng

Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo dan jajaran saat mempresentasikan persiapan pembentukan Polres Buteng, di Jakarta, Kamis 16 Juni 2022. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Polres Baubau terus berupaya agar usulan pembentukan Polres Buton Tengah (Buteng) segera terealisasi. Terkini, Kemenpan-RB dan Srena Polri mengundang Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo dan jajaran untuk mempresentasikan kesiapan sekaligus evaluasi dan validasi usulan pembentukan Polres Buteng, di Jakarta, Kamis 16 Juni 2022.

“Hari ini Kapolres Baubau memaparkan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah dihadapan tim Kemenpan-RB dan Srena Polri,” kata Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Rahmad.

- Advertisement -

Pertemuan tersebut juga ditindak lanjuti dengan pengecekan dokumen pendukung usulan pembentukan Polres Buton Tengah seperti sertifikat tanah, serta kesiapan pemerintah Kabupaten Buton Tengah dalam mendukung pembentukan Polres Buton Tengah.

Kata dia, di wilayah Polda Sulawesi Tenggara, selain usulan Polres Buton Tengah, dalam undangan telegram Srena Polri juga tertulis usulan Polres Kolaka Timur.

Sebelumnya pada September 2021 Tim Studi Kelayakan Mabes Polri yang dipimpin Brigjen Pol Budi Yuwono menyambangi Kabupaten Buton Tengah dengan agenda meninjau lokasi pembangunan Polres Buton Tengah.

Dalam kesempatan itu Brigjen Pol Budi Yuwono berkomitmen akan memprioritaskan pembentukan Polres Buteng. Alasannya antara lain karena sudah memiliki lahan bersertifikat.

Selanjutnya, pada Senin 6 Juni 2022, Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusup berkunjung ke Polres Baubau bersilaturahmi dengan Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo. Pertemuan itu membahas beberapa hal diantaranya persiapan pembentukan Polres Buton Tengah yang rencananya akan dibangun 2023 mendatang.

Pemerintah Buton Tengah sebelumnya dimasa kepemimpinan Samahuddin telah menghibahkan lahan seluas 10 hektar. Lokasinya berada di pusat perkantoran di Kelurahan Bombonawulu Kecamatan Gu.

Diketahui sejak status Buton Tengah berubah menjadi Daerah Otonom Baru (D0B) delapan tahun lalu, pemerintah daerah setempat telah mengajukan usulan untuk membentuk Polres sendiri. Mengingat mobilitas kepengurusan berbagai administrasi di kepolisian harus menyeberang laut karena daratan Kota Baubau dan Kabupaten Buton Tengah dipisahkan oleh laut.

Baca Juga :  Kuasa Hukum: Sadidi tak Pernah Keluarkan SK Pengelola UPTD TPI Wameo

Semoga dengan terwujudnya Polres Buton Tengah ini nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Buton Tengah khususnya dari sisi pelayanan, keamanan dan ketertiban masyarakat. (adm)

Facebook Comments