Jangan Asal Pakai, Ini Perbedaan Sepatu Lari Pria dan Wanita

100
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-mengenakan-sepatu-lari-2526878/
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-mengenakan-sepatu-lari-2526878/

BAUBAU, Rubriksultra.com – Olahraga merupakan kebutuhan tubuh manusia dan menjadi salah satu hobi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu olahraga sederhana yang banyak dipilih oleh orang-orang adalah olahraga lari. Tahukah Anda, bahwa untuk olahraga lari maka perlu memilih sepatu yang nyaman. Tahukah juga, ternyata ada perbedaan pada sepatu lari pria dan wanita.

Ternyata sepatu tidak hanya dibedakan dari merek, ukuran dan jenis saja. Pada sepatu pria dan wanita juga punya perbedaan yang cukup banyak. Pada ulasan kali ini akan kami berikan penjelasannya untuk Anda.

Perbedaan Sepatu Lari Pria dan Wanita yang Harus Diketahui

Berikut ini beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara sepatu pria dan wanita yang wajib diketahui, terutama bagi Anda yang baru mulai olahraga lari.

-Advertisements-

1.     Ukuran Sepatu

Perbedaan pertama yang ada pada sepatu pria dan wanita adalah ukuran sepatu. Ukuran sepatu pada pria biasanya lebih besar, dari sepatu perempuan. Mulai dari bagian lebar sepatu, hingga panjang sepatu. Anda juga bisa perhatikan baik di toko online maupun offline, untuk ukuran sepatu pria umumnya lebih banyak dengan size besar dibanding sepatu wanita.

Anda bisa lihat bahwa, ukuran sepatu pria bisa mencapai ukuran sampai 40 ke atas sedangkan untuk ukuran sepatu lari pada wanita, umumnya sampai 40 saja. Dari sini bisa dilihat bahwa ukuran kaki pria memang jauh lebih besar dibanding kaki wanita.

2.     Bentuk Tumit

Ternyata perbedaan antara sepatu pria dan wanita juga terletak pada bentuk tumit. Beda bentuk tumit antara pria wanita,  ternyata ada pada besarnya. Ternyata tumit pria cenderung lebih besar dari tumit wanita, dengan tumit yang lebar dan memanjang sampai ke area jari kaki sebelum menyempit di bagian ujung kaki.

Untuk sepatu milik perempuan bagian tumitnya cenderung lebih sempit. Jadi disarankan untuk memilih sepatu lari bagi para wanita dengan tumit yang sedikit lebar dari ukuran. Karena ukuran tumit yang sempit bisa berisiko membuat kaki cedera.

3.     Pergelangan Kaki

Selanjutnya pergelangan kaki juga memiliki perbedaan untuk perempuan dan laki-laki. Lagi-lagi ukuran pergelangan kaki para laki-laki lebih besar daripada perempuan. Karena ukurannya berbeda, maka bentuk pergelangan kaki antara pria dan wanita juga berbeda pula.

Pada sepatu pria bentuk pergelangan kakinya jauh lebih besar dan memiliki permukaan yang kuat. Gunanya tentu saja untuk menopang guncangan ketika berlari. Selain itu sepatu lari untuk pria bisa diatur tentang ukurannya lewat tali sepatu.

4.     Bagian Ruang Untuk Jari Kaki

Sepatu lari pria dan wanita punya pada bagian jari kaki juga punya kecenderungan yang berbeda. Ruang untuk jari kaki pria umumnya lebih lebar dibanding ruang jari kaki wanita yang sempit.

Sepatu lari pada pria memiliki bagian ujung yang runcing sedangkan untuk sepatu lari perempuan punya ujung yang lebih lebar. Hal ini tentu akan membuat kenyamanan bagi para pria dan wanita, saat berlari dalam waktu yang lama.

5.     Lengkungan Kaki

Bagian lengkungan kaki untuk pria dan wanita juga punya perbedaan. Perbedaan tersebut membuat sepatu lari untuk pria di desain mengikuti ukuran lengkungan kaki pria sedangkan wanita menurut ukuran lengkung kaki wanita.

Untuk Anda yang sedang mencari sepatu lari baik pria maupun wanita, maka pilih dari merk terbaik. Salah satunya Anda bisa memilih merk sepatu New Balance. Namun pastikan Anda mendapatkan sepatu dari merek ini dengan produk yang asli. Karena saat ini cukup banyak produk sepatu NB atau New Balance palsu beredar di pasaran. Sangat penting memilih sepatu original di toko offline maupun di toko online dengan memilih toko official/resmi.

6.     Berat Badan

Berat badan juga bisa mempengaruhi perbedaan antara sepatu laki-laki dan perempuan. Tahukah Anda, bahwa massa otot perempuan jauh lebih sedikit daripada pria bahkan jika tinggi badannya sama dan ukuran sepatunya sama.

Fakta ini ini membuat sepatu lari untuk pria di desain dengan kekuatan untuk menahan beban lebih berat ketika kaki menginjak tanah. Tidak heran mengapa sepatu pria punya bagian midsole yang lebih kokoh dan juga kaku. Bagian tengah midsole pada sepatu pria umumnya juga lebih lengkung karena perbedaan berat badan tersebut.

7.     Titik Tumpuan Kaki

Kemudian yang terakhir, perbedaan juga terletak pada titik tumpuan kaki. Pada pria titik tumpuan kaki ada di bagian tumit sedangkan untuk wanita. Tumpuannya berada di bagian tengah kaki. Ini akan mempengaruhi pembuatan sepatu untuk pria dan wanita yang berbeda. Umumnya perbedaan tersebut ada pada bagian sol dan cushion. Ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih sepatu yang nyaman saat berlari.

Kenyamanan sepatu sangat penting ketika Anda memilih olahraga lari sebagai hobi dan juga cara untuk membuat tubuh tetap sehat. Beberapa penjelasan seputar perbedaan sepatu lari pria dan wanita di atas, menjadi acuan yang tepat untuk memilih sepatu sesuai dengan kriteria yang tepat. Untuk memilih sepatu dengan merk terbaik dan kualitas yang original maka Anda bisa menemukannya hanya di Blibli. Blibli menawarkan berbagai pilihan sepatu dari merek lokal maupun luar negeri dengan harga yang bervariasi.

Untuk yang sedang cari sepatu raga lari maupun olahraga lainnya maka Blibli menghadirkan katalog jenis, ukuran dan merk sepatu yang lengkap. Tenang saja di Blibli terdapat banyak toko official untuk merek-merek sepatu populer pula.  Untuk penawaran harga terbaik, maka jangan lewatkan promo dan diskon menarik dari Blibli pada event-event tertentu setiap bulannya. Kunjungi Blibli baik melalui aplikasi maupun website resminya di Blibli.

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry