Pengelolaan DAK Fisik Busel Terbaik di Sultra

42
Kepala KPPN Baubau, Hariyanto saat menyerahkan penghargaan kepada Pemkab Busel atas capaiannya dalam pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa, Kamis 11 Agustus 2022. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) berhasil menjadi yang terbaik se-Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik semester pertama tahun anggaran 2022. Predikat tersebut diberikan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Sultra.

Penghargaan diserahkan langsung Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau, Hariyanto kepada Penjabat Bupati Busel, Laode Budiman diruang kerjanya, Kamis 11 Agustus 2022.

Turut mendampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Busel, Laode Mpute dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Busel, Laode Karman.

- Advertisement -

Kepala KPPN Baubau, Hariyanto menuturkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk motivasi kepada Pemkab Busel atas kinerja yang baik di wilayah Sultra dalam pengelolaan DAK Fisik semester pertama. Tak hanya itu, Pemkab Busel juga meraih predikat terbaik kedua dalam pengelolaan dana desa untuk 17 kabupaten/kota cakupan Provinsi Sultra.

“Ini adalah bentuk apresiasi dan motivasi agar Pemkab Busel lebih baik lagi di semester berikutnya. Terlebih, capaian tersebut berkolerasi dengan peningkatan perekonomian dan kualitas daerah,” tuturnya.

Kata dia, penghargaan diberikan kepada Pemkab Busel karena telah memenuhi sebagian besar kriteria yang telah ditetapkan kantor pusat dirjen perbendaharaan. Diantaranya, persentase penyaluran, percepatan penyelesaian penyaluran dan penyerapan akhir.

“Mudah-mudahan di semester dua Pemkab Busel mampu mempertahankan bahkan kalau perlu meningkatkan lagi capaiannya saat ini. Kami tidak akan henti-hentinya mendorong semua daerah untuk meningkatkan capaian pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa,” tambahnya

Dia menambahkan, per Agustus 2022, pencairan DAK Fisik Kabupaten Busel berada diposisi 52,2 persen. Dimana, persentase tersebut setara dengan Rp 27,81 miliar dari total pagu daerah sebesar Rp 53,46 miliar.

“Kalau total salur dana desa tahap satu ada pada posisi Rp 10,89 miliar. Dimana pada proses pencairan itu dibagi dalam beberapa tahap dengan total pagu sebesar Rp 50,02 miliar,” jelasnya.

Baca Juga :  Brimob Sultra Kurban 17 Sapi dan Seekor Kambing

Pj Bupati Busel, Laode Budiman sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berjibaku dalam pencapaian pembangunan daerah. Dimana, prestasi yang ditorehkan saat ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama seluruh elemen agar Pemkab Busel lebih baik lagi.

“Mempertahankan prestasi lebih sulit dibanding meraih prestasi. Untuk itu, semua tim di Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan harus selalu kompak dalam bekerja dan tentunya taat serta patuh baik dalam proses perencanaan, pencairan anggaran bahkan pelaporan,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry