100 CPNS Baubau Belum Setor Berkas, Waktu Tinggal Sepekan

BAUBAU, Rubriksultra.com- Jadwal pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Kota Baubau tinggal sepekan lagi. Namun, peserta yang telah menyetor berkas belum sampai setengahnya.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kota Baubau, Samiun mengatakan CPNS di Baubau yang dinyatakan lulus sebanyak 133 orang. Namun hingga hari ini, Rabu 23 Januari 2019, baru 33 orang yang terdata telah menyelesaikan proses pemberkasan.

- Advertisement -

“Sejauh ini baru 33 yang bawa. Belum cukup setengahnya, masih ada 100 peserta lagi,” kata Samiun diruang kerjanya, Rabu 23 Januari 2019.

Samiun mengaku tak mengetahui persis kendala apa yang dihadapi peserta sehingga proses pemberkasan begitu sulit dilakukan. Rata-rata peserta tak memberikan alasan yang cukup jelas.

“Jadi kami juga bertanya kepada mereka, tapi tidak ada alasan jelas dimana kendalanya, misalnya terkendala di SKCK kah atau keterangan kesehatan atau berkas apa,” jelas Samiun.

Kendati begitu, ada juga peserta yang mengaku terkendala pada penerbitan keterangan kesehatan. Peserta mengaku pelayanan rumah sakit diklaim lambat.

Makanya untuk mempercepat proses ini, Samiun telah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. Apalagi waktu yang ditetapkan semakin sempit.

Kata dia, waktu pemberkasan ditetapkan hingga 31 Januari 2019. Makanya dalam kurun waktu tinggal sepekan ini, Ia menghimbau agar peserta bisa bergerak cepat.

“Jangan ditunda-tundalah, sebisa mungkin secepatnya proses pemberkasan itu dilengkapi agar semua dokumen segera kita tindak lanjuti ke BKN,” katanya.

Ditanya apakah ada penambahan waktu jika peserta tak menyerahkan berkas pada waktu yang ditentukan, Samiun belum mengetahui persis. Begitu pula sanksi yang dikenakan kepada peserta apabila tidak menyetor berkas pada deadline waktu itu.

“Kalau itu belum bisa saya pastikan, karena belum ada regulasi lanjutannya. Makanya tidak bisa juga kita katakan bahwa peserta yang belum menyetor berkas pada waktu itu dinyatakan gugur, kita tunggu informasi lanjutannya lagi,” katanya. (adm)

Baca Juga :  Peserta Lolos Passing Grade Berpeluang Besar Jadi PNS

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments