Monianse: Haroana Andala, Bentuk Syukur Kepada Pencipta

47
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, menyambut ritual Haroana Andala yang rutin dilaksanakan masyarakat Kelurahan Bone-bone. Menurutnya, Haroana Andala merupakan bentuk kesyukuran nelayan masyarakat Kota Baubau kepada sang Pencipta.

“Kegiatan (Haroana Andala) ini juga tidak terpisahkan dari upaya untuk merayakan hari jadi Kota Baubau ke 481 dan HUT Kota Baubau ke 21 tahun 2022,” ucap Monianse saat membuka secara langsung acara adat tersebut, di pesisir pantai Bone-bone, Rabu 12 Oktober 2022.

Monianse mengatakan Haroana Andala adalah bagian dari ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT yang telah menciptakan laut sebagai sarana untuk kehidupan dan sarana untuk mencari nafkah.

“Tentunya dalam ajaran Islam dikatakan apabila kita bersyukur, Insya Allah kita akan ditambahkan rejeki. Oleh karena itu sudah saatnya ada hari dimana kita menyampaikan rasa syukur itu kepada Allah, pencipta segala hal termasuk di laut sebagai bentuk pengakuan agar kita dapat ditambahkan nikmat berupa meningkatnya pendapatan dari laut maupun keselamatan,” katanya.

Terlebih juga masih dalam suasana Maulid Nabi Muhammad SAW, sehingga sudah sepantasnya mengungkapkan rasa syukur karena selama ini sudah mencari manfaat dari lautan.

“Hari inilah saatnya kita dapat mensyukuri nya dan meminta kepada Allah SWT kalau tahun ini baik semoga di tahun mendatangkan lebih baik lagi,” tutur Monianse.

Ratih, mewakili Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan, Haroana Andala adalah bentuk puji syukur nelayan Bone-Bone kepada sang Khalik atas berkat diberikan Allah selama berlayar di laut.

“Peringatan Haroana Andala inilah bentuk syukur yang dilakukan masyarakat Bone-Bone,” jelasnya.(adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Baubau Keciprat DAK Rp 13 Miliar untuk Peningkatan Jalan