Reffiani Rasman Apresiasi Display Tenun Bone-Bone 2024

BAUBAU, Rubriksultra.com – Ketua Dekranasda Kota Baubau, Reffiani Dwiatmo Rasman, ST menyambut positif Display Tenun 2024 yang digagas Lurah Bone-Bone. Hal itu diungkapkan saat membuka Display Tenun 2024 yang berlangsung di Lippo Plaza Buton, Jumat 26 Januari 2024.

Menurut Reffiani Dwiatmo Rasman, kegiatan ini relevan dalam upaya pembangunan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 saat ini, dimana pelaku UMKM menghadapi berbagai macam tantangan seperti pendapatan menurun dan hilangnya kesempatan kerja yang diakibatkan oleh menurunnya daya beli dari masyarakat.

Dikatakan, pelaku usaha ekonomi harus keatif di masa ini dengan bisnis Online Shop, sebagai aktivitas perekonomian berbasis teknologi dan informasi yang mampu menggeser usaha UMKM saat ini, sebagai dampak adanya pembatasan kontak fisik (Physical Distancing) efek Pandemi Covid-19.Untuk itu, maka sentra-sentra UMKM dalam hal ini kerajinan tenun sebagai basis ekonomi kerakyatan, perlu terus-menerus dikembangkan menjadi komoditas yang memiliki daya saing yang tinggi.

Lebih dari itu, dalam kerangka indutri dan perdagangan global, pelaku UMKM juga memperlihatkan kontribusi signifikan terhadap perekonomian, menciptakan iklim bisnis positif, mengangkat citra dan identitas bangsa, mendorong terciptanya inovasi, dan memberikan dampak ekonomi serta sosial yang positif.

Reffiani Dwiatmo Rasman berharap melalui acara Display Tenun Bone-Bone 2024 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan ruang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pelaku UMKM kerajinan tenun, memperluas pengembangan pelaku usaha, fasilitasi bagi pelaku UMKM Tenun Kota Baubau khususnya Kelurahan Bone-Bone, agar dapat menjadi Creative Preneur yaitu pelaku usaha yang menjadikan kreativitasnya sebagai fondasi bisnis.

Sejalan dengan itu pula maka, pengrajin tenun harus terus didorong agar dapat memenuhi standar kualitas serta tuntutan pasar, baik pasar domestik maupun pasar global.

Baca Juga :  Kawal Tes SKD, Satpol PP Baubau Siagakan 60 Personil

“Sebagai bentuk dukunqan terhadap pengrajin tenun, Dekranasda sudah memiliko e-katalog. Jadi para pengrajin bisa menitipkan produknya untuk dipasarkan dalam e-Katalog,” ungkapnya.

Display Tenun Bone-Bone 2024, lanjutnya, akan menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk menggunakan produk tenun asli Kota Baubau, sekaligus regenerasi pengrajin dan creativpreneur tenun muda yang memiliki jiwa mandiri, pantang menyerah, kreatif, ulet serta senang mengejar prestasi terbaik menuju Baubau Kota Kreatif serta untuk mendukung upaya kita bersama dalam mewujudkan Baubau berdaya saing dan sejahtera. (adm)

Facebook Comments