Penerangan Jalan 23 Kilometer ke Bandara Matahora Wakatobi Dipastikan Tuntas 2019

Pelaksana program pemasangan lampu jalan saat berkoordinasi dengan Kadis Perhubungan Wakatobi. (FOTO KURNIAWATI)

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Penerangan Jalan Umum (PJU) dari pusat pemerintahan hingga ke Bandara Matahora Kabupaten Wakatobi dipastikan akan terhubung 2019 ini. Penerangan lampu jalan ini direncanakan sejauh 23 kilometer (Km).

Kepastian bakal terhubungnya lampu penerangan jalan terlihat dari aktivitas pihak pelaksana program. Proses penancapan tiang disepanjang bahu jalan yang dilewati mulai dilaksanakan.

- Advertisement -

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wakatobi, Drs Hariadin mengungkapkan, lampu penerangan jalan tersebut merupakan program Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 18 Sulawesi Tenggara. Program ini sudah berlangsung dua tahun terakhir.

“Dalam program ini, pemerintah pusat telah menghadirkan 200 unit PJU untuk konektivitas dari pusat pemerintahan ke Bandara Matahora,” kata Hariadin ditemui di Wangi-Wangi, Sabtu 31 Agustus 2019.

100 unit pertama, kata dia, dilaksanakan pada 2018 lalu. Sedang 100 unit tambahan akan dituntaskan tahun ini melalui APBN 2019.

“Tahun ini dipastikan lampu jalan yang menghubungkan pusat kota dengan Bandara Matahora ini sudah terhubung,” katanya.

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan program, kata dia, pihak pelaksana secara kontinyu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Wakatobi. Tujuannya agar titik penancapan tiang sesuai jalur yang ditentukan.

“Penempatan lampu jalan ini diperuntukkan untuk jalan nasional dan jalan-jalan lainnya yang dianggap strategis,” tutup Hariadin. (adm)

Penulis: Kurniawati

Facebook Comments
Baca Juga :  Jenazah Korban Sandera Kelompok Abu Sayyaf Tiba di Wakatobi