Polsek Mastim Kembangkan Rumah Ketahanan Pangan Saat Corona

Bhabinkamtibmas Polsek Mastim bersama warga Desa Batubanawa bahu membahu dalam budidaya sayur mayur di rumah ketahanan pangan. (FOTO ISTIMEWA)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Langkah Bhabinkamtibmas Polsek Mawasangka Timur (Mastim), Bripka Moh. Dhani Rimanda patut mendapat apresiasi. Melalui inovasi dan gebrakannya, Ia berhasil mengembangkan rumah ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19 di Desa Batubanawa, Kecamatan Mawasangka Timur, Buton Tengah.

Inovasi ini tercipta bekerjasama dengan kepala desa, Babinsa dan warga Desa Batubanawa yang secara aktif turut membantu pengembangan rumah ketahanan pangan itu.

- Advertisement -

Kapolsek Mastim, Ipda Musrifin sangat mendukung langkah Bhabinkabtimas, Bripka Moh. Dhani Rimanda dalam melakukan inovasi ini. Menurutnya, Bhabinkamtibmas selain menjaga keamanan juga bersama aparat desa berfungsi sebagai pionir dan problem solving.

“Pionir dalam artian menciptakan inovasi dan kreatifitas sehingga tercipta komunikasi. Melalui sebuah program yang baik, maka pesan-pesan kamtibmas akan tersampaikan. Sisi lain, kita juga bisa meningkatkan sinergitas dengan aparatur desa,” katanya.

Ipda Musrifin menjelaskan, inovasi rumah ketahanan pangan yang digagas anggotanya di Desa Batubanawa berawal dari berkurangnya penjual sayur mayur masuk dari Muna Barat. Akibatnya warga setempat sulit untuk mendapatkan sayuran.

“Nah, di desa itu ada green house yang sudah tidak terurus. Karena Babinkamtibmas ini hampir tiap hari di desa, maka dia berinisiatif membersihkan dan berkoordinasi dengan Kepala Desa Batubanawa, pak Zaibudin untuk menggalakkan budidaya sayur mayur,” katanya.

Gayung bersambut, inisiatif sang Bhabinkamtibmas mendapat dukungan kepala desa, Babinsa dan warga setempat. Alhasil, tiap Jum’at, para ibu yang tergabung dalam PKK Desa yang dimotori kepala desa aktif membersihkan rumah ketahanan pangan ini.

Bhabinkamtibmas Polsek Mastim, Bripka Moh Dhani Rimanda saat berada di rumah ketahanan pangan. (FOTO ISTIMEWA)

Dikatakan, terdapat beberapa jenis sayuran yang dibudidaya dalam rumah ketahanan pangan itu. Mulai dari tomat, cabe, kangkung cabut, sawi, bawang merah, ubi jalar, serei, dan terong.

“Untuk bibitnya, Bhabinkamtibmas sendiri yang ke Baubau untuk membeli bibit dan pelan-pelan menggalakkan kembali budidaya itu,” katanya.

Baca Juga :  KPU Buteng Tetapkan Syarat Minimal Dukungan Calon Perseorangan Pilkada 2024

Selain menyediakan bibit, Anggota Polsek Mastim juga memberikan semangat dan suport. Termasuk cara-cara budidaya yang baik yang dipelajari lewat buku maupun masukan dari dinas pertanian setempat.

“Jadi budidaya di green house ini hanya sebagai sampling, kita juga terus sampaikan kepada ibu-ibu agar ada baiknya disamping menanam disini juga ditanam di pekarangan rumah,” katanya.

Ipda Musrifin menambahkan, hasil budidaya seluruhnya akan dibagikan kepada warga. Apalagi saat ini masih dalam masa menghadapi pandemi Covid-19.

“Semua akan dibagikan ke masyarakat. Program ini juga sejalan dengan program Kapolri tentang ketahanan pangan di masa Covid-19 ini. Selain budidaya, kita juga barengi dengan memberikan edukasi protokol kesehatan di lokasi budidaya,” katanya. (adm)

Facebook Comments