Pemkot Baubau Kerahkan 300 Kader Pendataan Keluarga

Suarmawati

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau akan mengerahkan sebanyak 300 kader Keluarga Berencana (KB) untuk melaksanakan Pendataan Keluarga 2021. Pendataan akan dimulai serentak secara nasional mulai 1 April hingga 31 Mei 2021.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kota Baubau, Suarmawati menjelaskan, terdapat 37 ribu kepala keluarga yang akan didata. Data ini akan menjadi basis data nasional untuk pengembangan kependudukan.

- Advertisement -

“Secara teknis kita sudah siap, 300 kader KB juga sudah siap diterjunkan. Tinggal menunggu action pada 1 April mendatang,” kata Suarmawati, Rabu 24 Maret 2021.

Suarmawati mengatakan, metode pendataan keluarga dilakukan secara elektronik. Petugas dibekali dengan smart phone ketika melakukan pendataan di rumah-rumah warga.

Dikatakan, pendataan dilakukan selama dua bulan lamanya. Pada April khusus pendataan dan Mei proses verifikasi, validasi sekaligus penginputan data ke pusat.

“Sebab semua sudah tersistem mulai dari petugas pendata di lapangan, lalu dikoordinir sampai tingkat kelurahan dan kecamatan,” tandasnya.

Ia berharap program ini dapat berhasil untuk mendukung basis data nasional. Masyarakat juga diharapkan dapat pro aktif ketika petugas melakukan pendataan di lapangan. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Fajar Ishak Bakal Luncurkan Aspirasi Berbasis Online