UHO dan Pemkab Konsel Kerjasama Peningkatan SDM dan Iptek

Penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara UHO dan Pemkab Konsel di ruang rapat Senat UHO, Selasa 26 April 2022. (Foto Istimewa)

Kendari, Rubriksultra.com- Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjalin kerjasama peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Termasuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara UHO dan Pemkab Konsel di ruang rapat Senat UHO, Selasa 26 April 2022.

- Advertisement -

Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, penandatanganan ini dilakukan sebagai legalitas kedua pihak dalam melakukan kerjasama nantinya.

“MoU ini sebagai payung hukum agar apa yang dilakukan bersama pemerintah daerah legal, sehingga semua yang kita lakukan tidak ada masalah di kemudian hari,” terang Prof. Zamrun

Prof. Zamrun mengatakan, melalui nota kesepahaman ini nantinya UHO akan memberikan pendampingan terhadap berbagai program yang dicanangkan Pemkab Kosel dengan SDM yang dimiliki UHO.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengaku dalam menjalankan program dan membangun daerah secara efektif dan efisien maka sangat diperlukan kajian akademis. Untuk itulah dilakukan kerjasama dengan Universitas Halu Oleo.

Bupati dua periode ini mengungkapkan, Pemkab Konsel membutuhkan UHO dalam pengelolaan dan pengembangan sejumlah sumber daya alam yang ada.

“Potensi pertanian dan kelautan kita luar biasa. Tentu ini jika dikelola dengan baik akan berdampak terhadap kemajuan Konawe Selatan,” kata Surunuddin Dangga.

“Untuk itu Konawe Selatan butuh UHO. Banyak hal yang kita butuhkan kajian dan bantuan dari UHO. Konawe Selatan membutuhkan tenaga-tenaga terampil dari UHO,” tambah Surunuddin memungkasi.

Penandatanganan nota kesepahaman ini sendiri meruoakan perpanjangan dari MoU sebelumnya pada tahun 2016 silam. MoU kali ini berdurasi lima tahun ke depan. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  UHO dan Kejaksaan Tingkatkan Sinergitas