Pemkot Baubau Bakal Aspal Jalan Perumnas Waruruma

Ketgam : Rapat yang dihadiri langsung Wali Kota Baubau di aula Dinas Perkimtan, membahas mengenai PSU Perumahan Perumnas Waruruma yang akan diserahkan kepada Pemkot Baubau. (FOTO ISTIMEWA)
Ketgam : Rapat yang dihadiri langsung Wali Kota Baubau di aula Dinas Perkimtan, membahas mengenai PSU Perumahan Perumnas Waruruma yang akan diserahkan kepada Pemkot Baubau. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau berencana mengaspal jalan utama Perumahan Nasional (Perumnas) di Kelurahan Waruruma Kecamatan Kokalukuna tahun 2023 mendatang. Perencanaan pengaspalan jalan tersebut mulai disusun Dinas PUPR tahun ini.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Baubau, Siti Amalia Abibu mengatakan sebelum dilakukan pengaspalan pihaknya mengindetifikasi dahulu kepemilikan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Perumnas tersebut.

- Advertisement -

PSU dimaksud diantaranya jalan, drainase, tempat pembuangan sampah, hidran, dan sarana publik lainnya.

Fasilitas yang dianggap layak hasil identifikasi akan diterima sebagai aset Pemkot.

“Pada dasarnya ini usulan dari pihak Perumnas dalam rangka penyerahan PSU. Data awal sudah ada, kita tinggal verifikasi untuk menentukan PSU yang memenuhi syarat diserahkan ke Pemkot,” kata Amalia Abibu dikonfirmasi usai rapat, di kantornya, Kamis 22 September 2022.

Rencananya, pengembang Perumnas akan menyerahkan semuanya ke Pemkot. Sejauh ini baru jalan yang sudah dinyatakan memenuhi syarat.

“Hasil pengukuran BPN (Badan Pertanahan Nasional) luas Perumnas itu 16.500 meter bujur sangkar. Yang mau diklirkan ini persoalan aset bangunan apakah dibangun oleh Perumnas atau Pemerintah Kabupaten Buton. Kita upayakan sudah ada penyerahan pada HUT Kota tahun ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, urusan serah terima PSU ini bermula dari keluhan masyarakat tentang jalan kompleks yang tak kunjung diaspal sejak Perumnas Waruruma dibangun. Pemkot sendiri tak bisa berbuat banyak lantaran terhalang Permendagri Nomor 9/2019 yang membolehkan Pemkot masuk jika PSU sudah diserahkan.

“Alhamdulillah, pak Wali Kota Baubau merespon cepat keinginan masyarakat itu. Insya Allah, tahun 2023 nanti mulai dikerjakan dengan panjang sekitar dua sampai tiga kilometer,” pungkas Amalia. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pantai Nirwana Dikembangkan jadi Kawasan Wisata Populer