Survei Media Track dan Strategi, Yulia Rahman Unggul di Pilwali Baubau

BAUBAU, Rubriksultra.com – Lembaga Survei Media Track dan Strategi merilis hasil survey untuk pemilihan Wali Kota (Pilwali) dan Wakil Wali Kota Baubau periode 2024-2029.

Saat Jumpa Pers di Mr.Ken Pada Jumat 9 Agustus 2024, Direktur Lembaga Survei Media Track dan Strategi, Wimbo Widianto memaparkan, Berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaganya menunjukkan terdapat 3 kandidat bakal calon (Balon) Wali Kota Baubau yang cukup mendapat respon positif dari warga Kota Baubau.

- Advertisement -

Mereka adalah Yulia Rahman, Yusran Fahim, dan Laode Mustari. Berdasarkan hasil survei pada 01 Agustus sampai 06 Agustus 2024 dengan metode multystage stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 440, menunjukkan kalau Yulia Umar Samiun unggul dalam berbagai hal, dibanding Balon lain.

Wimbo memaparkan Lia Umar Samiun unggul disejumlah hal, diantaranya uji dukungan balon. Lia meraih nilai sebesar 15,7% dibanding balon lain seperti La Ode Mustari yang memperoleh nilai 13,9%. Yusran Fahim 13,0%. La Ode Ahmad Monianse 12,3% serta Ari Rahardja 4,3%.

Hasil uji dukungan sejumlah nama calon Wali Kota Baubau, Lia Umar Samiun juga masih berada diposisi paling atas dengan perolehan 21,6%, disusul Mustari 20,5%, Yusran Fahim 16,5% serta Monianse 15,9% dan Ari 7,7%. Lia Umar Samiun memiliki nilai tinggi dari sejumlah aspek seperti ikut pilihan orang lain (Keluarga, teman, atasan, tokoh masyarakat), intensitas/tingkat seringnya tampil di publik (Pertemuan, berita, iklan), isu yang diangkat bisa menjawab persoalan di Kota Baubau saat ini, kemampuan dalam memecahkan masalah, kepribadian (Sikap jujur, sederhana, dekat dengan rakyat, bersih dari korupsi, tegas dan pintar).

Wimbo menambahkan, dari uji beberapa calon Wali Kota, Lia Umar Samiun tetap tertinggi dengan perolehan 27,5% unggul dari Mustari yang hanya 26,4%, Monianse 19,5% serta Ari Rahardja 9,3%.

Baca Juga :  Pesan Veteran Trikora untuk Pemuda di Baubau

Wimbo juga menyatakan ada aspek-aspek yang berpengaruh terhadap dukungan calon Wali Kota, diantaranya para responden setuju bila Wali Kota Baubau mendatang bukan berasal dari Kota Baubau atau putra daerah dengan presentase sebesar 55,5% serta koresponden yang setuju jika Wali Kota berasal dari suku yang berbeda yakni sebesar 68,4% yang menyatakan bersedia.

Dalam survey ini juga memaparkan bila Pilwali Baubau hanya satu pasang calon saja korespon menunjukan angka kurang suka sebesar 31,6% dan angka tidak suka sama sekali sebesar 30,5%. Survey juga menunjukan bila calon Wali Kota melalui jalur indepen tidak akan mempengaruhi angka partisipasi pemilih sebesar 69,8%.(adm)

Facebook Comments