Tim Akreditasi PAUD dan PNF Sambangi Tomia

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Delapan lembaga setingkat pendidikan anak usian dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), di Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi mendapat kunjungan tim asesor dari Badan Akreditasi Provinsi Sultra. Kunjungan bertujuan melakukan visitasi akreditasi Taman Kanak-kanan dan PNF.

“Ada delapan lembaga yang dilakukan visitasi akreditasi yakni TK/RA, Kelompok bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan Satuan Paud Sejenis (SPS). Kemudian setingkat PNF yakni lembaga Kursus, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta Sanggar Kegiatan Belajar (SKB),” ungkap La Umuri, salah satu tim asesor yang ditugaskan di Wakatobi, Kamis 2 Agustus 2018.

- Advertisement -

Diakui tidak semua dilakukan visitasi akreditasi. Tergantung pengusulan lembaga pendidikan karena terkait dengan kesiapan dokumen standar dibutukan.

“Di Wakatobi, lembaga pendidikan setingkat PAU dan PNF ini ada 100 lebih. Namun yang mengusul untuk dilakukan visitasi akreditasi hanya 87 lembaga,” ungkapnya.

Dari 87 lembaga itu, lanjut La Umuri, dilakukan verifikasi dan lulus administrasi tahap pertama hanya 30 lembaga. Seluruhnya diverifikasi sehingga memenuhi delapan standar pendidikan nasional.

Kesiapan pengelola lembaga pendidikan setingkat PAUD dan PPNF di Pulau Tomia diakui luar biasa. Saat tim asesoris tiba penyambutan oleh setiap lembaga pendidikan menyerupai kunjungan kepala daerah.

“Untuk pulau Tomia, pengelola lembaga pendidikan semangatnya luar biasa. Kita disambut dengan tarian tradisonal yang dilakonkan peserta didik dan disaksikan seluruh dewan guru dan orang tua peserta didik. Ini salah satu indicator bahwa pengembangan lembaga pendidikan setingkat PAUD dan PNF di Pulau Tomia berkembang,” ujarnya. (adm)

Peliput: Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Sebelum Berakhir Masa Jabatan, Hado Hasina Ingin Benahi Kawasan Benteng Keraton