Kampung Tangguh Siolimbona Kelurahan Wajo Sabet Juara Satu

142
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse berpose bersama pemenang kampung tangguh. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Lomba kampung tangguh yang digagas Polres Baubau diumumkan. Kelurahan Wajo yang masuk binaan Polsek Murhum yang mengusung nama Kampung Tangguh Siolimbona berhasil menyabet juara satu.

Hasil penilaian itu diumumkan saat syukuran HUT Bhayangkara ke-74 di Polres Baubau, Rabu 1 Juni 2020.

Bertindak sebagai dewan juri Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari selaku, Waka Polres Baubau Kompol Arnaldo Von Bulow sebagai wakil dan empat anggota dewan juri masing-masing Kompol Mustamal, Kompol Muh Sahrir, Kompol H Burudin, AKP Muhamad Salam, dan AKP La Pau.

- Advertisement -

Dewan juri menilai dengan membagi dua wilayah hukum Polres Baubau dengan masing-masing memiliki pemenang juara satu sampai tiga. Diantaranya Polsek wilayah daratan Kota Baubau dan Polsek wilayah Kepualauan meliputi Kabupaten Buton Tengah dan sebagian Buton Selatan.

Masing-masing pemenang mendapat uang pembinaan. Juara I Rp 3 juta, dan Juara II Rp 2 Juta, dan Juara III Rp 1 Juta dengan total hadiah Rp 12 juta.

Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari menyebut, keenam kampung tangguh dibawah binaan masing-masing Polsek akan menjadi percontohan kepada wilayah lainnya.

Tujuannya untuk membangun kesadaran masyarakat secara kolektif dalam menghadapi berbagai permasalahan mulai dari politik, sosial, ekonomi dan budaya di tengah pandemik corona saat ini.

“Kampung tangguh ini sebenarnya sebagai strategi untuk membangun kesadaran dan  partisipasi aktif masyarakat secara produktif,” sebutnya.

Kata AKBP Rio Tangkari, dengan dibetuknya kampung tangguh, Pemerintah Kota Baubau, Pemerintah Kabupaten Buton Tengah dan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan diajak ikut berpartisipasi membuat kegiatan serupa guna membangun kampung-kampung tangguh lainnya.

“Bukan hanya tangguh melawan Covid-19, tapi tangguh dalam segala hal,” katanya.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengaku apa yang digagas Kapolres saat ini merupakan ide yang sangat menginspirasi. Pihaknya pun akan mengajak kelurahan lainnya untuk mereplikasi kelurahan tangguh yang sudah ada.

Baca Juga :  Ratusan Jamaah Gelar Salat Gerhana di Masjid Agung Baubau

“Apa yang dilakukan ini sangat menginpirasi, Insya Allah kedepan kita akan gagas kegiatan serupa untuk diterapkan di kelurahan lain di Kota Baubau,” tukasnya. (adm)

Berikut daftar lengkap enam kampung tangguh yang berhasil meraih juara di wilayah daratan dan kepulauan yakni:

1. Wilayah daratan,:

Juara I kampung tangguh beriman Siolimbona binaan Polsek Murhum
Juara II Kampung tangguh beriman Lakologou Binaan Polsek Kokalukuna
Juara III Kampung Tangguh Beriman Kuda Putih Residence binaan Polsek Wolio

2. Wilayah Kepulauan,:

Juara I kampung Tangguh beriman Rajungan Binaan Polsek Mawasangka Timur
Juara II kampung tangguh beriman Katemado binaan Polsek Lakudo
Juara III Kampung tangguh beriman Wasindoli Binaan Polsek Mawasangka

Penulis : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry