Kunjungan Wisatawan di Batu Sori Turun Hingga Seribu Orang

230
Suasana lokasi wisata batu sori. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Dampak covid-19 di lokasi wisata Batu Sori Kelurahan Palabusa Kecamatan Lea-lea sangat terasa. Jumlah kunjungan wisatawan bahkan berkurang hingga seribu orang per bulannya.

Pengelola Wisata Batu Sori, La Ode Satiwarsa mengatakan, sebelum pandemi, rata-rata jumlah kunjungan wisatawan sekitar 1.500 orang perbulannya.

“Setelah dibuka beberapa bulan lalu, pengunjung berkurang signifikan. Kini tinggal sekitar 500 orang perbulan. Merosot jauh dibawah 50 persen,” kata La Ode Satiwarsa dikonfirmasi usai mengikuti seminar awal studi kelayakan kawasan wisata Batu Sori di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 18 November 2020.

Dampak itu juga merembes pada pedagang kecil di area Batu Sori. Malah ada pedagang yang sampai gulung tikar akibat merosotnya pengunjung. Kini hanya tersisa beberapa pedagang saja yang masih bertahan.

La Ode Satiwarsa mengatakan, saat ini belum ada karcis retribusi. Sehingga besaran retribusi masuk di kawasan wisata tidak dipatok.

“Makanya kami berharap pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kota Baubau bisa memberikan legalitas dengan memberikan karcis retribusi sehingga ke depan bisa menjadi PAD,” katanya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Wali Kota Baubau Pertimbangkan Izin Gelar Resepsi di Tengah Pandemi Corona