Gempa di Pulau Buton, Pusat Guncangan di Siompu Barat

Lokasi pusat gempa yang terjadi di Siompu Barat, Buton Selatan, Jum'at, 31 Mei 2019. (Foto Dok BMKG)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Gempa bumi tektonik baru saja mengguncang Pulau Buton tepatnya di wilayah Siompu Barat, Kabupaten Buton Selatan. Gempa tercatat terjadi pada pukul 21:55:34 Wita, Jum’at, 31 Mei 2019.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si melalui rilisnya menyatakan, hasil analisa BMKG menunjukkan, informasi gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 4,7 Skala Richter (SR).

- Advertisement -

Kata dia, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.01 LS dan 122.34 BT. Tepatnya berlokasi pada jarak 39 kilometer Barat Daya Siompu Barat, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Barat Daya Siompu.

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Sampolawa, Buton Selatan,” katanya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum aktivitas gempa bumi susulan hingga saat ini,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Enam Pejabat Busel Hasil Lelang Segera Dilantik