Pemkot Baubau Siapkan Rp 16 Miliar Tanggung Biaya Berobat Warga

Kepala Dinas Kesehatan Baubau, Dr Wahyu

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menyiapkan Rp 16 miliar untuk menangggung biaya berobat warganya. Alokasi anggaran ini dibayarkan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Baubau, Dr Wahyu mengatakan, Rp 16 miliar ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kota Baubau tahun 2019.

- Advertisement -

Menurut perhitungan pihaknya, besaran alokasi anggaran tersebut harusnya sudah menyentuh seluruh masyarakat Kota Baubau. Dengan begitu, warga tidak perlu lagi memikirkan biaya saat berobat dipusat kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Pun demikian, Dr Wahyu mengaku masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi, utamanya terkait data valid warga. Sebab masih ditemukan data warga yang dobel (rangkap dua), telah pindah domisili diluar Kota Baubau dan ada pula yang telah meninggal dunia.

Untuk itu, Ia mengaku telah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan untuk mencocokkan data.

“Ternyata jalan keluarnya harus melakukan validasi kembali,” katanya.

Dikatakan, saat ini seluruh Puskesmas yang ada di Kota Baubau sementara mendata warga yang belum memiliki BPJS Kesehatan. Olehnya, Ia mengimbau kepada masyarakat yang belum memegang kartu atau belum terdaftar di BPJS Kesehatan untuk melapor ke Puskesmas di wilayahnya masing-masing. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Partai Hanura Baubau Bagi 200 Paket Sembako