Besok, Sidak Kartu Vaksin di Pelabuhan Murhum

Kepala KSOP Baubau, Jasra Yuzi Irawan.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di dalam kawasan di Pelabuhan Murhum Baubau. Pemeriksaan dijadwalkan mulai besok, Jumat 24 Desember 2021.

“Kita jadwalkan sidak bersama Kepolisian besok, keliling pelabuhan. Hal itu untuk memberikan SOP terapi bagi yang belum melakukan vaksin,” kata Kepala KSOP Kelas II Baubau, Jasra Yuzi Irawan, ditemui di Bandara Betoambari, Kamis 23 Desember 2021.

- Advertisement -

Sidak akan difokuskan pada pedagang asongan, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), para pekerja dan para sopir mobil.

“Pokoknya semua para mitra kerja yang ada dalam pelabuhan. Kalau didapati ada yang belum vaksin, kita langsung arahkan vaksin di fasilitas layanan kesehatan terdekat atau di lokasi vaksinasi,” katanya.

Sidak pertama dan kedua masih akan diberikan kelonggaran sesuai pedoman SOP terapi. Setelah itu, sidak akan diperketat dengan memberlakukan teguran yang lebih keras dan penegakan diserahkan kepada Satgas Covid-19 Baubau.

KSOP Baubau berkomitmen agar semua pelaku aktivitas di pelabuhan Murhum sudah harus divaksin. Spanduk besar bertuliskan “Masuk Pelabuhan Wajib Vaksin” terpampang jelas di pintu masuk.

Begitu pula scan barcode pada aplikasi PeduliLindungi juga telah disiapkan petugas untuk pemeriksaan setiap orang masuk, sehingga memastikan semua yang beraktivitas di dalam pelabuhan sudah vaksin.

“Kebijakan itu bertujuan membantu Pemerintah dalam mencapai target 70 persen vaksinasi diakhir Desember 2021 ini,” pungkasnya. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Monianse Dorong Tradisi Kasambu-sambu Masuk Kalender Wisata Nasional