Dua Pekan Dibuka, Pendaftar Beasiswa Samatau Sudah 500 Orang

Suasana tempat pendaftaran program Beasiswa Samatau di kantor Bupati Buteng, Rabu 16 Februari 2022. (Foto Ady)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Lebih dari 500 orang mahasiswa tercatat telah memasukan berkas pendaftaran dalam program beasiswa Samatau sejak dibuka dua pekan lalu atau pada 31 Januari 2022. Rata-rata pendaftar berasal dari kalangan mahasiswa berprestasi dan tidak mampu.

Kabag Kesra Setda Buton Tengah (Buteng), Ahmad Nasmudin mengatakan, jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Sebab Bupati Buteng, H. Samahuddin menambah masa pendaftaran hingga 21 Februari yang awalnya sampai 14 Februari 2022.

- Advertisement -

“Sebenarnya target kita hanya 400 mahasiswa, tapi alhamdulillah sampai hari ini sudah lebih dari 500 pendaftar,” kata Ahmad Nasmudin, di kantornya, Rabu 16 Februari 2022.

Usai pendaftaran, berkas pelamar akan diverifikasi secara objektif untuk disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, diantaranya surat keterangan tidak mampu, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,3, dan akreditasi Program Studi minimal B.

“Jadi walaupun mahasiswa yang mampu dan berprestasi itu sama IPK-nya dengan mahasiswa yang tidak mampu, tetap akan diprioritaskan mahasiswa yang tidak mampu,” katanya.

Dikatakan, Pemkab Buteng menyiapkan anggaran Rp 950 juta untuk beasiswa Samatau pada 2022 ini. Nominal itu berkurang Rp 50 juta dibandingkan tahun sebelumnya dengan jumlah Rp 1 miliar.

“Porsi APBD untuk Kesra berkurang, sehingga anggaran beasiswa Samatau di tahun 2022, hanya sebesar Rp 950 juta,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Buteng Keciprat 314 Unit Bantuan Bedah Rumah