300 Rumah di Pasarwajo akan Direlokasi

Gubernur Sultra, Ali Mazi, berpose bersama usai rapat koordinasi penataan sistem dasar penanggulangan bencana se-Sultra, di Villa Nirwana Kota Baubau, Senin 28 Maret 2022. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sekitar 300 unit rumah di wilayah pesisir Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, akan direlokasi ke lokasi ketinggian. Perencanaan sudah dilakukan, dalam waktu dekat pembangunan infrastrukturnya mulai dikerjakan.

“Sekitar 300 unit rumah itu tepat di mulut laut banda. Kalau terjadi tsunami penduduk di wilayah itu saya kira habis luluh lantak. Sebelum terjadi bencana saya kira perlu kita pindahkan,” kata Gubernur Sultra, Ali Mazi, dalam rapat koordinasi penataan sistem dasar penanggulangan bencana se-Sultra, di Villa Nirwana Kota Baubau, Senin 28 Maret 2022.

- Advertisement -

Bupati Buton, La Bakry mengaku sudah berkolaborasi dengan Provinsi Sultra dalam rangka mengantisipasi potensi di wilayah rawan bencana.

“Sesuai arahan gubernur maka langkah awal yang akan direlokasi di Pasarwajo dan sekitarnya,” katanya.

Menurutnya, pencegahan sebenarnya relatif lebih murah dibanding kalau sudah terjadi bencana. Untuk penanggulangan akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan daerah.

“Kita harapkan juga BNPB mendukung rencana itu dalam rangka antisipasi ke depan bukan hanya 1 tahun 2 tahun melainkan 20-40 tahun yang akan datang,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Baubau Optimis Raih Kota Layak Anak Pratama