Pj. Bupati Busel Resmikan Monumen Patung Sukarno di Buton Selatan

Ketgam : Pose bersama usai peresmian monumen patung Soekarno di Kabupaten Buton Selatan.
Ketgam : Pose bersama usai peresmian monumen patung Soekarno di Kabupaten Buton Selatan.

BATAUGA, Rubriksultra.com – Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman meresmikan monumen patung baru yang mengabadikan tokoh pahlawan nasional. Peresmian ini mencakup dua patung yang menjadi simbong penting bagi sejarah bangsa, yakni patung Presiden Pertama Indonesia Soekarno dan patung Gajah Mada, Sabtu 22 Juli 2023.

Pj Bupati La Ode Budiman menjelaskan monumen patung ini memperingati tokoh pahlawan yang telah bersatu dalam semangat kebangsaan Indonesia. Inisiatif ini penting untuk tetap mengenang peran bersejarah mereka dalam mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

- Advertisement -

“Jejak pahlawan tersebut tertanam kuat di Busel, dan selama ini wilayah ini telah secara konsisten menegakkan wawasan kebangsaan. Monumen patung ini menjadi simbol semangat dan kesatuan bagi masyarakat Buton Selatan, serta memperkuat kesadaran akan identitas kebangsaan” ucap Pj Bupati La Ode Budiman.

Diharapkan generasi muda dapat menghargai dan menghormati sejarah. Perjuangan Soekarno merupakan pijakan penting dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

La Ode Budiman menambahkan selain memiliki nilai historis, patung Soekarno juga berperan dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerah Buton Selatan. Pemandangan indah di sekitar patung menjadi daya tarik wisata yang dapat menjadi ikon pariwisata daerah tersebut.
Melalui akses simpang tujuh, yang menghubungkan jalur ke seluruh wilayah kepulauan Buton, diharapkan dapat mendorong perkembangan seluruh pulau Buton.

“Kehadiran monumen patung ini juga telah menarik minat wisatawan dari luar Kabupaten Buton Selatan. Banyak pengunjung yang datang ke simpang tujuh ini untuk berfoto dan mengenal lebih jauh tentang sejarah bangsa Indonesia. Dampak positifnya juga terasa dalam pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata.

Seiring dengan semakin berkembangnya pariwisata, masyarakat Kabupaten Buton Selatan saat ini telah membentuk kelompok sadar wisata. Tahun lalu, pada tahun 2022, usaha mereka diakui dan dihargai dengan penghargaan Desa Wisata Nusantara. Bahkan, dua desa di Buton Selatan berhasil meraih peringkat pertama dan kedua di tingkat nasional.

Baca Juga :  Pulang Kampung dari Obi, Rapid Test Satu Warga Busel Reaktif

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra), Silverter Sililaba yang hadir saat peresmian, mengakui keindahan kabupaten kota di Indonesia yang memberikan nilai tersendiri bagi tokoh-tokoh pahlawan Indonesia, seperti Gajahmada dan Soekarno.

Silverter Sililaba menilai monumen patung Gajahmada dan Soekarno di Buton Selatan sebagai sumber inspirasi bagi generasi muda. Keberadaannya mengajarkan betapa Buton Selatan mampu memberikan inspirasi kepada pemerintah dan masyarakat.

“Dengan monumen ini, kita memiliki catatan berharga sejarah di Buton Selatan yang harus dikembangkan dan ditanamkan dalam diri setiap individu, anak cucu, dan generasi mendatang,” tegas Silverter Sililaba.(adm)

Facebook Comments