BPS Baubau Latih 41 Petugas Sensus Pertanian

Foto bersama panitia dan peserta pelatihan. (Foto Afrizal)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau mematangkan persiapan Sensus Pertanian (ST) tahun 2023. Sebanyak 41 petugas diberi pelatihan tentang pemutakhiran kerangka geospasial dan muatan wilkerstat (Wilayah kerja statistik).

Pelatihan bagi petugas tersebut berlangsung selama dua hari, di aula salah satu hotel di Kota Baubau, dimulai Senin 21 Februari 2022. Selama pelatihan, peserta wajib menerapkan protokol penaggulangan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

- Advertisement -

Sebelumnya, 41 peserta pelatihan itu telah dinyatakan lolos sejumlah tahap seleksi. Mereka terdiri dari 33 pencacah dan 8 orang pengawas.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman petugas, menyamakan konsep definisi yang sejalan sekaligus sebagai sarana bagi pihak penaggungjawab kegiatan untuk merumuskan strategi kerangka pemutkhiran geospasial dan wilkerstat,” kata Kepala BPS Baubau, Towedy Marthinus Layico.

Materi pelatihan ini dirancang khusus bagi petugas pemutakhiran kerangka geospasial dan muatan wilkerstat. Konsep dan rumusan yang dihasilkan akan menjadi dasar penyelenggaraan sensus pertanian pada tahun 2023 mendatang.

“Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya dan menjadi dasar database untuk kesuksesan sensus pertanian tahun depan. Outputnya adalah peta Wilkerstat yang mutakhir beserta informasi muatan yang akan digunakan dalam pelaksanaan lapangan ST 2023,” ujarnya.

Usai pelatihan nanti, para petugas itu akan melakukan pemetaan di lapangan selama sebulan pada Maret depan.

“Saya berharap pada masa pandemi Covid-19 dan musim hujan ini, semua petugas bisa menjaga kesehatan selama menjalankan tugas nanti,” tandasnya. (adm)

Laporan : Afrizal

Facebook Comments
Baca Juga :  Sepekan Lalu, 45 Warga Baubau Lapor Menikah ke Gugus Tugas