Disdukcapil Busel Intens Sosialisasi KTP Digital

Ilustrasi KTP digital. (Foto Int)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Selatan (Busel) mulai mengintensifkan sosialisasi penggunaan KTP digital kepada masyarakat yang sedang mengurus data kependudukan di daerah itu.

“Kepada setiap masyarakat yang datang mengurus KTP elektronik kami selalu anjurkan agar sekaligus membuat KTP digital. Atau pada saat mengurus mereka datang bersama keluarganya kita berikan pemahaman agar sekaligus membuat KTP digital,” ucap Sekretaris Dinas Dukcapil Busel, Rusli.

- Advertisement -

Dikatakan, respons masyarakat saat diberikan pemahaman sangat baik. Rata-rata mereka ingin membuat KTP digital tetapi kendalanya ada yang punya paket data namun tidak punya pulsa, ada pula sebaliknya punya pulsa tapi tidak punya paket data.

“Mungkin sekitar 20 orang di kantor ini yang ingin tapi terkendala itu,” katanya.

Pada tingkatan ASN maupun Kepala Desa, juga sudah dilakukan sosialisasi langsung oleh Kepala Disdukcapil Busel saat rapat baru-baru ini.

“Alhamdulillah pada saat kegiatan itu sampai terkaver 54 IKD (Identitas Kependudukan Digital),” imbuhnya.

Kata Rusli, memiliki KTP digital sangat penting karena KTP merupakan sumber data yang selalu digunakan di mana saja. Bahkan jika lupa KTP atau kehilangan KTP datanya masih tetap tersedia di handphone.

Didalam IKD itu tersedia banyak data, ada Kartu Keluarga, KTP, NPWP, BPJS, dan lain-lain.

“Sekarang ini berurusan apa saja 90 persen membutuhkan KTP. Oleh karena itu kami berharap masyarakat segera membuat KTP digital. Bagi masyarakat yang berminat ingin mengurus, cukup membawa KTP elektronik saja di kantor bisa langsung kami buatkan. Asalkan tersedia pulsa dan paket datanya. Harus dibuat di kantor Dukcapil karena ada berkode khusus masing-masing orang,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Dampak Corona, Ribuan Warga Lapandewa Terima Bantuan